Metode ini sesuai dengan namanya, lebih menekankan pada kemampuan praktis
dari teori. Perbandingan dapat berupa 7 unit materi praktis dan 3 unit materi
yang bersifat teoritis. Belajar bahasa asing lebih dulu dan mengutamakan
praktek, lalu diiringi dengan teori (tata bahasa).
Jadi disini yang dipentingkan adalah bagaimana siswa/anak didik dapat mampu
berbahasa asing itu secara praktis bukan teoritis. Oleh sebab itu pengajaran
harus diarahkan pada kemampuan komunikatif atau percakapan, sedangkan gramatika
dapat diajarkan sambil lalu saja.
Pada tingkat-tingkat awal materi pelajaran praktis dapat dipilih dan
diterapkan pada hal-hal yang sederhana, apakah itu lewat percakapan sehari-hari
yang ada hubungannya dengan dunia sekolah anak didik atau lingkungan rumah
tangga dan masyarakat lebih luas atau dapat pula menyebutkan rincian nama-nama
benda dan kata kera sebagai dasar pembentukan bahasa percakapan. Sedangkan pada tingkat lanjutan atas materi pelajaran dikembangkan lebih
luas dan kompleks melalui percakapan teoritis dan penalaran ilmiah.
Kelebihan-kelebihan Metode Practice-Theory:
- Siswa memperoleh ketrampilan langsung atau praktis dalam berbahasa asing.
- Siswa merasa tidak dipusingkan oleh aturan-aturan atau kaidah-kaidah gramatikal karena pelajaran gramatikal hanya diajarkan sambil lalu, sebagai penajam pemahaman.
- Pengajaran dapat dinamis (hidup) dan menyenangkan, apalagi sesekali guru dapat menyelingi dengan percakapan lucu dan media peragaan yang menarik.
- Paling sesuai dengan alamiah tujuan pengajaran bahasa: yang disebut berbahasa itu ialah berbicara, berkomunikasi lisan.
Kekurangan-kekurangan Metode Ptactice Theory
- Memerlukan guru yang betul-betul mahir dan aktif berbahasa asing.
- Pada tingkat-tingkat dasar (awal) metode ini masih sulit diterapkan karena perbendaharaan kata dan bahasa anak didik masih terbatas, bahkan terasa kaku. Guru harus memperbanyak menghafalkan pola-pola kalimat yang baik kepada murid-murid.
- Pada umumnya kemampuan aplikatif bahasa asing anak didik sangat ditentukan oleh faktor motivasi dari pihak guru disamping gaya dan simpatik kepribadian guru. Dan ini jarang dimiliki dalam satu pribadi guru. Guru perlu sering memotivasi anak didik disela-sela mengajar bahasa asing. (Inggris/Arab)
- Kekurangan media peraga sebagai penguat persepsi dan ingatan dapat merupakan sisi lain kekurangan metode ini.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Please leave your comments here