Welcome to Education and Culture Link

Sabtu, 20 September 2014

CONTOH INSTRUMEN PENILAIAN SIKAP KURIKULUM 2013

Penilaian sikap dalam kurikulum 2013 dilakukan dengan menggunakan teknik observasi/pengamatan, penilaian diri, penilaian antar teman, dan jurnal catatan guru. Penjelasan mengenai keempat teknik tersebut silahkan klik Di sini

Berikut contoh instrumen penilaian dari masing-masing teknik tersebut

1)   OBSERVASI/PENGAMATAN
a.       Teknik                              :  Non tes (pengamatan)
b.      Bentuk Instrumen             : lembar pengamatan
c.       Pedoman penskoran         :
No
Aspek yang dinilai
Skor
Total
Rerata
1
2
3
4
1
Religious






2
Jujur






3
Disiplin






4
Tanggung jawab






5
Percaya diri






6
Santun






7
Kerja sama






Keterangan
1
:
Tidak pernah/tidak tampak
2
:
Jarang
3
:
Sering
4
:
Sangat sering/selalu

Skor maksimum = 28
Nilai maksimum = 100
Nilai Sikap = Skor Perolehan x 100
                      Skor  Maksimum


2)   PENILAIAN DIRI (LEARNING JOURNAL)
a.       Teknik                              :  Non tes (penilaian diri)
b.      Bentuk Instrumen             : Learning Journal
c.       Pedoman penskoran         :


Nama                      : ______________________________
NIS                          : ______________________________
Kelas                       : ______________________________
Petunjuk
Berilah tanda silang (X) sesuai dengan kondisi diri Anda.
Keterangan
SS : Sangat Setuju, S: Setuju, TS: Tidak Setuju, dan STS: Sangat Tidak Setuju

NO
PERNYATAAN
Penilaian
SS
S
TS
STS
1
Saya sudah dapat mengembangkan tema pada tugas proyek yang diberikan guru




2
Saya dapat merancang jadwal pelaksanaan kegiatan proyek dengan baik




3
Saya dapat menyusun jadwal pelaksanaan proyek dengan sistematis




4
Saya dapat menyelesaikan proyek sesuai dengan langkah langkah yang telah ditetukan




5
Saya dapat menyusun laporan dengan sistematis dan baik




6
Saya dapat mempresentasikan hasil kegiatan proyek dengan baik




7
Saya telah menguasai materi pembelajaran dengan baik





Jumlah




Keterangan:
Kriteria
Skor
Sangat setuju
4
Setuju
3
Tidak setuju
2
Sangat tidak setuju
1

Skor maksimum = 28
Nilai maksimum = 100
Nilai Sikap = Skor Perolehan x 100
                      Skor  Maksimum 

3)   PENILAIAN ANTAR TEMAN

Format Penilaian Antar Teman
Nama teman yang dinilai   : ………………………………….
Nama penilai                      : ………………………………….
Kelas                                  : ……………………………….....
Semester                           : …………………………………. 
           Waktu penilaian                 : …………….....................…….

No
Pernyataan

ya

tidak
1
Berusaha belajar dengan sungguh-sungguh


2
Mengikuti pembelajaran  dengan penuh perhatian


3
Mengerjakan tugas yang diberikan guru tepat waktu


4
Mengajukan pertanyaan jika ada yang tidak dipahami


5
Berperan aktif dalam kelompok


6
Menyerahkan tugas tepat waktu


7
Selalu membuat catatan hal-hal yang dianggap penting


8
Menguasasi dan dapat mengikuti kegiatan pembelajaran dengan baik


9
Menghormati dan menghargai teman


10
Menghormati dan menghargai guru


          
          Catatan:
·       Penilaian antarteman digunakan untuk mencocokan persepsi diri siswa dengan persepsi temannya serta kenyataan yang ada.
·       Hasil penilaian antarteman digunakan sebagai dasar guru untuk melakukan bimbingan dan motivasi lebih lanjut.

4)   JURNAL CATATAN GURU

     Kelas                    :
     KD/Materi Pokok :
     Hari/Tanggal        :
     Mata Pelajaran     :

 NO
NAMA
CATATAN KEJADIAN
SKOR
1

1.    Kurang percaya diri ketika melakukan presentasi dengan sering  menundukkan kepala, malu-malu.
2.    Sangat jujur dengan secara berterus terang mengakui kesalahan dalam pengambilan data
3.    Sikap syukur,  tanggungjawab dan kerjasama sangat bagus.
2


4
2



3



4



dst



 
             Catatan:
Semua instrumen di atas tidak harus digunakan secara bersamaan dalam satu kali kegiatan tatap muka. Bisa jadi dalam satu tatap muka guru hanya menggunakan satu atau maksimal dua instrumen saja

7 komentar:

Please leave your comments here