Penilaian sikap dalam kurikulum 2013 dilakukan dengan menggunakan teknik observasi/pengamatan, penilaian diri, penilaian antar teman, dan jurnal catatan guru. Penjelasan mengenai keempat teknik tersebut silahkan klik Di sini
Berikut contoh instrumen penilaian dari masing-masing teknik tersebut
1)
OBSERVASI/PENGAMATAN
a.
Teknik : Non tes (pengamatan)
b.
Bentuk Instrumen : lembar pengamatan
c. Pedoman penskoran :
c. Pedoman penskoran :
No
|
Aspek yang dinilai
|
Skor
|
Total
|
Rerata
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
||||
1
|
Religious
|
||||||
2
|
Jujur
|
||||||
3
|
Disiplin
|
||||||
4
|
Tanggung jawab
|
||||||
5
|
Percaya diri
|
||||||
6
|
Santun
|
||||||
7
|
Kerja sama
|
1
|
:
|
Tidak pernah/tidak tampak
|
2
|
:
|
Jarang
|
3
|
:
|
Sering
|
4
|
:
|
Sangat sering/selalu
|
Skor maksimum = 28
Nilai maksimum = 100
2) PENILAIAN DIRI (LEARNING JOURNAL)
a.
Teknik : Non tes (penilaian diri)
b.
Bentuk Instrumen :
Learning Journal
c. Pedoman penskoran :
c. Pedoman penskoran :
Nama :
______________________________
NIS :
______________________________
Kelas :
______________________________
Petunjuk
Berilah tanda silang (X) sesuai dengan
kondisi diri Anda.
Keterangan
SS : Sangat Setuju, S: Setuju, TS: Tidak Setuju, dan STS: Sangat Tidak
Setuju
|
|||||
NO
|
PERNYATAAN
|
Penilaian
|
|||
SS
|
S
|
TS
|
STS
|
||
1
|
Saya sudah dapat mengembangkan tema pada tugas proyek yang diberikan
guru
|
||||
2
|
Saya dapat merancang jadwal pelaksanaan kegiatan proyek dengan baik
|
||||
3
|
Saya dapat menyusun jadwal pelaksanaan proyek dengan sistematis
|
||||
4
|
Saya dapat menyelesaikan proyek sesuai dengan langkah langkah yang telah
ditetukan
|
||||
5
|
Saya dapat menyusun laporan dengan sistematis dan baik
|
||||
6
|
Saya dapat mempresentasikan hasil kegiatan proyek dengan baik
|
||||
7
|
Saya telah menguasai materi pembelajaran dengan baik
|
||||
Jumlah
|
Kriteria
|
Skor
|
Sangat setuju
|
4
|
Setuju
|
3
|
Tidak setuju
|
2
|
Sangat tidak setuju
|
1
|
Skor maksimum = 28
Nilai maksimum = 100
Skor Maksimum
3)
PENILAIAN ANTAR TEMAN
Format Penilaian Antar Teman
Nama teman yang dinilai :
………………………………….
Nama penilai :
………………………………….
Kelas :
……………………………….....
Semester :
………………………………….
Waktu
penilaian : …………….....................…….
No
|
Pernyataan
|
ya
|
tidak
|
1
|
Berusaha belajar dengan
sungguh-sungguh
|
||
2
|
Mengikuti pembelajaran dengan
penuh perhatian
|
||
3
|
Mengerjakan tugas yang diberikan guru tepat waktu
|
||
4
|
Mengajukan pertanyaan jika ada yang tidak dipahami
|
||
5
|
Berperan aktif dalam
kelompok
|
||
6
|
Menyerahkan tugas tepat waktu
|
||
7
|
Selalu membuat catatan hal-hal
yang dianggap penting
|
||
8
|
Menguasasi dan dapat mengikuti
kegiatan pembelajaran dengan baik
|
||
9
|
Menghormati dan menghargai teman
|
||
10
|
Menghormati dan menghargai guru
|
Catatan:
· Penilaian
antarteman digunakan untuk mencocokan persepsi diri siswa dengan persepsi
temannya serta kenyataan yang ada.
· Hasil
penilaian antarteman digunakan sebagai dasar guru untuk melakukan bimbingan dan
motivasi lebih lanjut.
4)
JURNAL CATATAN GURU
Kelas :
KD/Materi Pokok :
Hari/Tanggal :
Mata Pelajaran :
NO
|
NAMA
|
CATATAN KEJADIAN
|
SKOR
|
1
|
1.
Kurang percaya diri ketika melakukan
presentasi dengan sering menundukkan kepala, malu-malu.
2.
Sangat jujur dengan secara berterus
terang mengakui kesalahan dalam pengambilan data
3.
Sikap syukur, tanggungjawab dan
kerjasama sangat bagus.
|
2
4
4
|
|
2
|
|||
3
|
|||
4
|
|||
dst
|
Catatan:
Semua instrumen di atas tidak harus digunakan
secara bersamaan dalam satu kali kegiatan tatap muka. Bisa jadi dalam satu
tatap muka guru hanya menggunakan satu atau maksimal dua instrumen saja
minta
BalasHapuskerenn
BalasHapusmembantu saya, terima kasih
BalasHapusizin copas, ya. makasih
BalasHapusBermanfaat 😊
BalasHapusSYUKRON
BalasHapusMohon izin untuk bahan pembanding dalam diskusi
BalasHapus