RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah : SMP/MTs....
Mata Pelajaran :
Bahasa Inggris
Kelas/Semester : VII
/
Materi Pokok :
Alokasi Waktu :
A.
Kompetensi
Inti
KI 1
|
:
|
Menghargai
dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
|
KI 2
|
:
|
Menghargai dan
menghayati perila kujujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi,
gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif
dengan lingkungan social dana dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
|
KI 3
|
:
|
Memahami
pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin
tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena
dan kejadian tampak mata.
|
KI 4
|
:
|
Mencoba,
mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi,
dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan
mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama
dalam sudut pandang/teori.
|
B.
Kompetensi
Dasar dan Indikator
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
1.
|
Menunjukkan sikap....
|
2.
|
Menunjukkan sikap....
|
3.
|
a.
Mengidentifikasi.......
b.
Menerapkan......
c.
Memahami.....
Dst.
|
4.
|
a.
Membaca......
b.
Menulis.....
c.
Melalakukan.....
Dst.
|
C.
Tujuan
Pembelajaran
Di akhir pembelajaran, siswa diharapkan dapat:
1. (kaitan
dengan indikator untuk KD 1.)
2. (kaitan
dengan indikator untuk KD 2.)
3. (kaitan
dengan indikator untuk KD 3.)
4. (kaitan
dengan indikator untuk KD 4.)
D.
Materi
Pembelajaran
Fungsi Sosial
.............................................................................................................................
..............................................................................................................................
Struktur teks
.............................................................................................................................
..............................................................................................................................
Unsur Kebahasaan
.............................................................................................................................
..............................................................................................................................
E.
Metode
Pendekatan saintifik
Model .........................
Metode ..........................
F.
Media
dan Sumber Belajar
1. Media:
2. Sumber
Belajar:
G.
Langkah-langkah
Pembelajaran
Kegiatan
Pendahuluan
1. Menyiapkan
peserta didik secara psikis dan fisik
2. Memotivasi
belajar siswa
3. Mengajukan
pertanyaan yang mengaitkan pengetahuan sebelumnya dengan materi yang akan
dipelajari
4. Menyampaikan
KD dan/atau tujuan pembelajaran
5. Menyampaikan
cakupan materi dan uraian kegiatan
Kegiatan Inti
Mengamati
Pada
tahap ini siswa diarahkan untuk memanfaatkan indra mereka pada kegiatan
memperhatikan, melihat, membaca, mendengar, membau, ataupun merasai sesuatu
yang menjadi bagian dari materi pokok. Kompetensi siswa yang dikembangkan dari
kegiatan ini adalah melatih kesungguhan, ketelitian, mencari informasi.
Menanya
Pada
tahap ini, siswa diarahkan untuk mengajukan pertanyaan tentang informasi yang
tidak dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk mendapatkan
informasi tambahan tentang apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan faktual
sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik). Kompetensi yang dikembangkan
dari kegiatan ini adalah kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan
pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup cerdas dan
belajar sepanjang hayat.
Mengumpulkan
Informasi
Pada
tahap ini siswa diarahkan untuk melakukan kegiatan-kegiatan seperti eksperimen,
membaca sumber lain selain buku teks, mengamati objek/ kejadian/aktivitas,
maupun wawancara dengan narasumber. Kompetensi yang dikembangkan dari kegiatan
ini adalah mengembangkan sikap teliti, jujur,sopan, menghargai pendapat orang
lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi
melalui berbagai cara yang dipelajari, mengembangkan kebiasaan belajar dan
belajar sepanjang hayat.
Mengasosiasi
Pada
tahap ini siswa diarahkan pada kegitan mengolah informasi yang sudah
dikumpulkan baik terbatas dari hasil kegiatan mengumpulkan/eksperimen maupun
hasil dari kegiatan mengamati dan kegiatan mengumpulkan informasi. Pengolahan
informasi yang dikumpulkan dari yang bersifat menambah keluasan dan kedalaman
sampai kepada pengolahan informasi yang bersifat mencari solusi dari berbagai
sumber yang memiliki pendapat yang berbeda sampai kepada yang bertentangan.
Kompetensi
yang dikembangkan dari kegiatan ini adalah sikap jujur, teliti,
disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan prosedur dan kemampuan
berpikir induktif serta deduktif dalam menyimpulkan.
Mengkomunikasikan
Pada
tahap ini siswa menyampaikan hasil pengamatan, kesimpulan berdasarkan
hasil analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya. Kompetensi yang
dikembangkan dari kegiatan ini adalah sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan
berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan singkat dan jelas, dan
mengembangkan kemampuan berbahasa yang baik dan benar.
H.
Penilaian
1. Penilaian
Sikap
a. Teknik:
b. Bentuk:
c. Instrumen:
d. Pedoman
penskoran:
2. Penilaian
Pengetahuan
a. Teknik:
b. Bentuk:
c. Instrumen:
d. Pedoman
penskoran:
3. Penilaian
Keterampilan
a. Teknik:
b. Bentuk:
c. Instrumen:
d. Pedoman
penskoran:
......, ............ 20...
Mengetahui:
Kepala sekolah,
__________________
NIP
|
Guru Mata Pelajaran,
_________________
NIP
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Please leave your comments here